Merubah Data BPJS TK / Jamsostek

Bagaimana saya bisa tahu kalau ada kesalahan data ????

Nahhh ini penting untuk mengetahui kebenaran data kita, kenapa?? karena jika nanti kita sudah tidak bekerja lagi baik mengundurkan diri atau pemutusan hubungan kerja, kita tidak terkedala jika ingin mencairkan saldo BPJS TK / Jamsostek. Karena perubahan data setahu saya hanya bisa dilakukan oleh bagian HRD. Oke begini cara cek data kartu kita


 1. Daftarkan kartu anda di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs


2. Login dan klik menu di pojok kanan atas.


3. Klik menu profil saya.


4. Cocokan dengan KTP anda.


jika ada kesalahan segera lakukan perubahan dengan menghubungi bagian HRD perusahaan anda.


Apa Penyebab Perbedaan Data BPJS TK

Untuk kesalahan bisa dari perusaan tempat kita bekerja atau bisa juga dari kantor bpjs itu sendiri. Tapi sekarang kesalahan bisa diminimalir dengan adanya KTP Electronik, karena data BPJS TK sudah terhubung dengan data KTP elektronik. Apa bukti data sudah saling terhubung?? Perhatikan photo profile akun BPJS TK anda pasti sama dengan photo pada KTP anda?

BACA JUGA
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Di Kantor CabanG

Apa Perubahan Data Bisa Secara Online???

TIDAK!!! Untuk perubahan data ini tidak bisa dilakukan secara online, harus datang ke kantor BPJS TK terdekat untuk melakukan perbaikan data.

Apa Perubahan Data Bisa Diwakilkan??

Harus Diwakilkan Oleh Perusahaan… Karena setahu saya perubahan data harus dilakukan oleh bagian HRD perusahaan yang bersangkutan. Perubahan data tidak dilayani di customer service BPJS, tapi di layani oleh petugas khusus yang menangani perusahaan tersebut.

Syarat Perubahan Data Kartu BPJS TK

KTP Asli, Kartu BPSJ TK Asli, Dokumen Pendukung (KK, Akter, Ijazah, Dll) dan mengisi formulir perubahan data.
Selesai, tinggal tunggu kabar dari bagian HRD ketika kartu sudah selesai di rubah

Demikian tulisan ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun

Baca juga

52 comments

  1. Bang apa bisa perubahan data tanpa akte lahir?

    ReplyDelete
  2. Yang Salah di bagian apa? Kalau data akte sama dan KK datanya sama sepertinya tidak masalah.

    ReplyDelete
  3. Kak , saya mau tnya , klo perubahan data diri saya , sperti tgl lahir tahun dan bulan kelahiran saya . Untk pngubahan ny gmna ya ? Berkas apa saja yg di perlukan ?? Makasih

    ReplyDelete
  4. @dwi. perubahan tanggal lahir silahkan bawa dokumen pendukung seperti KTP, Akte, KK. Prosedurnya silahkan dateng ke HRD tempat bekerja dan nanti akan disuruh isi form perubahan data, nanti bagian HRD yang akan mengurus perubahan data

    ReplyDelete
  5. pak, nama di ktp saya tanpa singkatan , nama di kpj dan paklaring saya disingkat,trus nama di ibu saya beda dng di kpj saya
    Gimana cara rubahnya,apa bisa langsung ke bpjs jamsoteknya ????
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Tidak bisa langsung ke kantor jamsostek. Coba ke bagian HRD / personalia tempat dulu bekerja dan bawa bukti perbedaan datanya ada dimana. Nanti hrd yang akan mengurus perubahan data.

    ReplyDelete
  7. pak nama saya beda di singkat muhammad nur jadi m nur.dan data tgl lahir beda serta ibu kandung saya dan no ktp saya masih no ktp bukan elektrik

    ReplyDelete
  8. pak jika berpindah alamat gimna ? dan kk dan ktp sudah alamat baru

    ReplyDelete
  9. Maaf min,,kalo misal perusahaan yg mendaftarkan bpjs sudah bangkrut,,gimana??apa langsung ke kantor tempat pembuatan??

    ReplyDelete
  10. Saya mau tanya ... saya sdh 4 kali bolak balil ke bpjs ... untuk klaim dana saya ... NIk saya berbeda dengan NIK saya sekarang ... dan saya sdh ke kantor bpjs dan mendapatkan formulir untuk data koreksi ... dan dari pihak bpjs di suruh minta stempel perusahaan dan ttd ... yang saya tanyakan adalah :
    1. Apakah setelah sdh dapat stempel perusahaan dan ttd bisa langsung di proses
    2. Di formulir tersebut ada kolom yang namanya NPP ... yang di maksud NPP apa ya ... dan haruskah saya mengisi kolom NPP tersebut ...

    ReplyDelete
  11. @suni, ya prosesnya memang harus meminta stampel perusahaan lama anda kemudian untuk NPP itu adalah perusahaan yang harus isi. Urus terlebih dahulu perubahan data, kemudian daftar antrian online atau urus ke bank yang bekerja sama

    ReplyDelete
  12. ->Maaf min,,kalo misal perusahaan yg mendaftarkan bpjs sudah bangkrut,,gimana??apa langsung ke kantor tempat pembuatan??<-

    Setahu saya harus minta surat keterangan dari disnaker. Coba datang ke kantor bpjs kemudian tanyakan, tapi setahu saya dulu harus ke disnaker

    ReplyDelete
  13. ->pak jika berpindah alamat gimna ? dan kk dan ktp sudah alamat baru
    <-

    Sepertinya tidak masalah yang penting NIK dan nama tidak salah

    ReplyDelete
  14. ->pak nama saya beda di singkat muhammad nur jadi m nur.dan data tgl lahir beda serta ibu kandung saya dan no ktp saya masih no ktp bukan elektrik<-

    Kalau ini kasusnya sama seperti mba sunny mawarni.. minta form perubahan data ke bpjs atau download di sini, kemudian ke perusahaan lama untuk meminta stempel dan nomor npp selain itu jangan lupa bawa bukti dimana perbedaan datanya

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Pak kalo perubahan data harus di kantor cabang bpjs ketenagakerjaan waktu awal daftar, atau bisa di kantor bpjs mana saja? Karena kalo pencairan jht bisa di kantoeana saja, mohon infonya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  17. ke kantor mana aja bisa sepertinya.. tapi minta stempel sama perusahaan lama terlebih dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma.af pak, kalau setahu saya perubahan data harus ke kantor cabang pendaftaran, so.alnya saya pernah mengurus masalah seperti ini, dan saya di suruh ke kantor cabang pendaftaran.

      Delete
  18. Min kalo data bpjs tidak sesuai itu bisa di urus di kantor cabang mana aja apa mesti di urus di kantor bpjs terdaftar.

    ReplyDelete
  19. Min kalo data bpjs tidak sesuai itu bisa di urus di kantor cabang mana aja apa mesti di urus di kantor bpjs terdaftar.

    ReplyDelete
  20. Min kalo prusahaan yg lama susah untuk di mintakan tolong berbaikan data gmna? Dan pembayaran iuran bpjsnya pun tidak sesuai dengan masa kerja saya

    ReplyDelete
  21. Bang klo perubahan data..gx bisa asall. ..ngajuinya hnya bisa di kntor cabang...bpjs...gw kmrin gtu...mau proses di depok gx bisa....akhirnya gw tlpon kntor tmpat kerja dlu...pas bikin bpjs dlu...trnyta di kntor bpjs tmii
    ....harus cabang tmpat bikin....

    ReplyDelete
  22. Q=Bang klo perubahan data..gx bisa asall. ..ngajuinya hnya bisa di kntor cabang...bpjs...gw kmrin gtu...mau proses di depok gx bisa....akhirnya gw tlpon kntor tmpat kerja dlu...pas bikin bpjs dlu...trnyta di kntor bpjs tmii
    ....harus cabang tmpat bikin....

    A= Tapi kemaren saya ada perubahan data dari bpjs tangerang kota ke tangerang kabupaten tidak masalah tuh.. apa mungkin saya pic bpjs di tempat kerja yang baru jadi tidak di permasalahkan

    ReplyDelete
  23. Q=Min kalo prusahaan yg lama susah untuk di mintakan tolong berbaikan data gmna? Dan pembayaran iuran bpjsnya pun tidak sesuai dengan masa kerja saya

    A=Perbaikan data apa ya... kalau tidak bisa untuk perubahan data, yang penting minta NPP perusahaan dan stempel kemudian kita urus sendiri. Kalau masa kerja biasanya ya, jadi ketika kita mulai bekerja tidak langsung di daftarkan BPJS mungkin nunggu 3 bulan kemudian atau bisa satu tahun kemudian tergantung kebijaksanaan perusahaan.

    ReplyDelete
  24. Bang numpang nanya nih,saya kan daftar bpjs tenaga kerja dikantor make alamat yg lama setelah itu saya bwt ktp yg baru dan kk yg baru tp nik sm kk nya sm seperti ktp saya yg lama hanya saja pas saya cek di bpjs online alamat saya msh ktp yg lama apakah saya bsa mengubah nya dkt alamat saya yg baru, namun apakah susah untuk mengurusnya, terimakasih

    ReplyDelete
  25. to dhika syawaldi = kyaknya gak perlu rubah data ke kantor bpjs, yang penting nik nama tanggal lahir tidak ada perbedaan. Jika nik,nama dan tgl lahir beda akan susah di pencairan saldo jadi harus dirubah. kalau tidak ada perbedaan ya ngapain di rubah secara alamat kan kemungkinan besar akan pindah

    ReplyDelete
  26. Mas mau tanya. Saya ada perbedaan data. Saya dulu ikut kk nenek saya. Skarang saya ikut kk ibu saya. Dan saya mau merubah data apakah bisa langsung ke kantor cabang bpjs. Di karnakan saya sudah tidak aktif berkerja hampir satu tahun

    ReplyDelete
  27. to Rizki, Tidak masalah untuk perbedaan KK, yang penting no NIK, nama, tgl lahir tidak ada perbedaan di cairkan tidak masalah..

    ReplyDelete
  28. Mas, saya sudah tidak aktif di perusahaan dan NIK di KTP dan BPJS TK berbeda, untuk merubahnya saya bisa ke kantor BPJS terdekat hanya dgn membawa KTP dan KK atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke tempat kerja yang lama,, minta ke hrd formulir kya yang diatas sekalian minta stempelnya. baru nanti kita urus sendiri

      Delete
  29. Mas bpjs punyakq bulan lhirx beda dan beda alamat trus yg hrus saya lakukan gimna mas

    ReplyDelete
  30. Mas sy sudah resign, tapi ada perubahan no induk ktp, gimana ya sarannya? harus ke kantor bpjs langsung kah? kan sudah tidak bekerja jadi hrd sepertinya tidak akan bantu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke tempat kerja dulu aja.. nanti akan di kasih formulir kya di atas.. kenapa harus ke hrd dulu??? dikarenakan harus ada stempel dari perusahaan lama

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Mas mau tanya kalo no nik di ktp sama kk kan sama tapi di kartu bpjs nya itu beda. Apa akan ada masalah ketika saya mengajukan pencairan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pasti masalah.. kita harus urus itu terlebih dahulu. hubungi HRD ya

      Delete
  33. Mas admin mau tanya..bagaimana jika mau mengurus/merubah data..tetapi perusahaannya sudah bangkrut/tutup..?? Kn kita gak tau kemana HRD nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kita disuruh surat dari disnaker yang menyatakan bahwa perusahaanya telah tutup

      Delete
  34. Cara pengurusannya apakah qt harus datang ke kantor BPJS waktu awal pendaftaran apa bisa di kantor BPJS terdekat..karena lokasinya beda mas..saya tinggal di jakarta..ttpi waktu awal bikin saya kerja di cikarang.apa harus kantor BPJS cikarang atau bisa di kantor BPJS terdekat

    ReplyDelete
  35. mas, nama saya di aplikasi bpjs nya sesuai sama ktp. tapi yang di kartu tidak sesuai. apakah akan bermasalah jika ingin mencairkan bpjs?

    ReplyDelete
  36. Data di bpjs saya berbeda dengan nik di ktp dan fotonya pun beda saya sudah hubungi pihak HRD tp pihak HRD memberikn surat perubahan data yg berupa surat bukan berupa formulir, apakah bisa min?

    ReplyDelete
  37. Data sy beda. Gaji sy d potog slama 7 thun bru sy sadari ad ksalahan data soalnya sy tdk dpt kartu BPJS ktenagakerjaan. Pas sy cek trnyata ad perbedaan dari NIK. Nama ALAMAT dan ahli waris bahkan nama org tua. Yg sesuai cuma tggl lahir dan id karyawan. Gmana solusinya.

    ReplyDelete
  38. Sya mau nanya.. bagaimna jika nama ibu kandung yg terdaftar di Bpjs dengan yg di KK berbeda ? Apakah nanti tidak bisa pencairan? Apakah harus dirubah dlu data nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bermasalah pas pencairan. yang jadi pertanyaan kenapa nama ibu kandungnya beda?? Perbedaannya ada berapa karakter

      Delete
  39. Mau tanya nich klo perubahan data itu emng di butuhkan no npp

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh iya NPP itu kode perusahaan di kantor bpjs. Jadi yang tau ya perusahaaan tempat kerja dulu.

      Delete
  40. Mau tanya mas ,saya kan punya bpjs tk trs saya mau buat ktp baru dengan alamat yang berbeda ,apa perlu melakukan perubahan data alamat saya ,trs prosedur nya bagai mana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus melakukan perubahan data alamat. yang penting NIK, Nama Lengkap, Tgl Lahir TIDAK SALAH.

      Delete
  41. Pak NIK dan alamat KTP saya berbeda,saya sudah minta form perubahan data dan sudah di stempel dari hrd tempat kerja dulu,saya dulu buat di cikarang,dan sekarang saya di kampung,apakah bisa melakukan perubahan data di kantor jamsostek terdekat atau harus di jamsostek pembuat kartu (di cikarang)?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya, pembuatan di cabang jakarta timur, dan melakukan perubahan data di tangerang. Bisa. Apa salahnya coba dulu, buat dan buat alasan saja, masa iya jauh2 hanya untuk melakukan perubahan data. Apa gunanya kantor cabang. Buat pembelaan supaya bisa dibantu. kadang petugas gak mau melayani padahal bisa.

      Delete

Post a Comment