Kesalahan Dalam Membersihkan Cartridge Printer

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

Pada umumnya kita sudah tahu apapun tipe atau cartridge printer yang digunakan ujung-ujungnya mau tidak mau akan kita temui yang namanya penyumbatan. hal tersebut memang sudah lumrah dan sudah bisa kita katakan penyakit utama pada sebuah cartridge, baik itu cartridge canon, Hp, brother. dan sebaganya .

dan tentunya selalu ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. namun akan tetapi pada faktanya ternyata ada banyak sekali yang menurut admin sendiri menerapkan beberapa tahapan yang justru berbalik malah memperparah kondisi cartridge itu sendiri.



olehnya itu pada kesempatan ini, saya selaku admin mencoba untuk mengurai dan menitik fokuskan tentang apa-apa saja kesalahan yang kita lakukan pada saat proses membersihkan cartridge printer. khususnya bagi yang kurang begitu paham akan hal yang satu ini.

Baca Juga :


Jadi saya sangat berharap dan semoga saja dengan terbitnya tulisan sederhana ini bisa memberikan sedikit manfaat serta pengetahuan kepada pembaca sekalian. baiklah kita mulai saja, apa saja sih kesalahan yang sering dlakukan pada saat proses pembersihan cartridge printer ??

Jadi ada yang perlu anda ngat, Biasanya kendala utama yang membuat kita melakukan tahap pembersihan cartridge disebabkan karena, Hasil Cetak Tidak Maksimal, Hasil cetak Putus-putus, dan Tidak ada Tinta yang keluar. Nah ke 3 hal tersebut sudah saya rangkum berdasarkan dari beberapa sumber informasi, baik itu di group-group serta yang bertanya langsung ke admin sendiri.

Disinilah biasanya kita langsung membuka cartridge dan melakukan tahap pembersihan, namun lagi-lagi seperti yang saya katakan tadi di atas ternyata banyak kesalahan yang secara tidak sengaja dilakukan para user. dalam studi kasus misalnya Tidak ada Tinta yang keluar,  tak selamanya juga harus kita lakukan tahap pembersihan cartridge. ibaratnya mendung itu tak selamanya hujan :D

Karena ada faktor lain yang menjadi penyebabnya. misalnya pada saat sesudah pengisian ulang terkadang cara kita mengisi tinta terlalu berlebihan, sehingga menggenangi dasar mulut head yang menyebabkan tidak ada guratan tinta pada proses pencetakan silahkan anda lihat Cara Mengisi tinta yang benar . jadi tidak harus kita lakukan proses pembersihan

Nah, yang paling parah lagi, ada juga yang menggunakan AIR PANAS. Jadi prosesnya itu seperti ini :
  • Cartridge Dilepas dari printer
  • kemudian di rendam menggunakan air panas dalam beberapa menit
yang jadi masalah disini bukanlah merendamnya akan tetapi air panasnya, mengapa saya katakan masalah, menurut admin sendiri ha tersebut sangatlah beresko. pasalnya perlu kita perhatikan mulut Head pada cartridge hanya terbuat dari kuningan yang sangatlah tipis, sangat sensitif, kerusakan sedkt saja efeknya sangatlah besar.

Jadi bayangkan saja jika lempengan kuningan tipis tersebut terkena suhu yang panas. tentunya bisa saja merubah struktur aslinya. alih-alih ingin memperbaki justru malah mempertambah parah kondisi cartridge, yang mana awalnya hasil cetak hanya sedikit blur, ujung-ujungnya malah tidak bisa mengeluarkan tinta sama sekali.

Entahlah admin sendiri juga kurang tahu solusi seperti itu berawal darimana. jika ingin melakukan cara seperti ini sebaiknya gunakan Head Cleaner, recomended,  itu lebih aman dan sudah teruji. caranya bisa anda lihat di sini Cara Memperbaki Cartridge Canon Yang Tersumbat

Selain itu, ada banyak juga kasus yang mencoba untuk membersihkan mulut head cartridge dengan menggunakan tissue dan sejenisnya. sekali lagi cara tersebut sangatlah tidak recomended. dan juga bisa beresiko merusak cartridge. jadi yang paling efektif itu seperti yang telah dijalaskan melalui link tersebut di atas.

jadi saya rasa untuk pembahasan kali ini cukup sampai disini dulu, jika ada yang ingin di pertanyakan bisa anda bertanya melalui kotak komentar di bawah ini. akhir kata sekian dulu semoga bisa memberikan manfaat . wassalam.


Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Baca juga

Post a Comment