Cara Ampuh Mengatasi Head Hasil Cetak Bergaris

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

dalam beberapa kasus yang muncul saat kita menggunakan printer, error bukan lah salah satu masalah yang bisa saja membuat printer jadi tidak bisa kita gunakan, msalnya saja hasil cetak yang tidak seperti yang kita harapkan, Misalnya Hasil Cetak Putus-putus Atau bergaris  ,

tentu saja dengan adanya masalah seperti ini anda tidak akan bisa merasa puas dengan hasil cetak yang di hasilkan, mungkin tak jadi masalah jika kita hanya mencetak dokumen berupa teks, tapi coba anda lakukan pecetakan sebuah gambar, pasti hasilnya jauh dari apa yang anda lihat dari penampakan yang ada pada monitor komputer anda.



Hasil yang sangat tidak memuaskan, muncul sebuah guratan-guratan atau garis-garis pada gambar yang sangat mengganggu pandangan, sekilas jika kita lihat masalah hal hampir mirip ketika kita menggunakan printer yang sudah menipis tintanya. akan tetapi faktanya tidak, tinta yang ada pada printer tidak ada yang kosong, bahkan ada yang full.

Jangan Lupa Baca  :

lantas apa yang terjadi dengan kondisi yang demikian ? tentunya sudah jelas bahwa ada kesalahan pada kondisi fisik printer, untuk mengetahui lebih jelas apa-apa saja yang jad biang kerok, silahkan anda baca lebih lanjut tulisan ini sampai selesai tentunya dengan beberapa solusi dari permasalah tersebut.

dari beberapa pengalaman admin berkecipung di dunia printer ada beberapa penyebab mengapa hasil cetak jadi seperti ini dan ini berlaku untuk semua tipe printer, baik anda menggunakan printer Epson, canon, Hp, Brother dan sebagainya untuk itu  antara lain adalah :

Tinta
Yang menjadi perihal utama yang perlu anda perhatikan disini adalah kondisi tinta yang kita gunakan, yap, tinta yang terpakai sangat besar pengaruhnya terhadap hasil cetak anda nantinya, Misalnya saja tinta yang terlalu kental, tinta jenis ini juga tidak baik untuk printer, karena secara otomatis tinta jadi sangat sulit melewati NOzzle printer saat printer melakukan pencetakan, begitu pun sebaliknya tinta yang terlalu encer juga tidaklah cocok kita gunakan untuk mendapatkan hasl cetak yang memuaskan.

Jika anda menemukan hasil cetak yang bergaris-garis sebagai tahap awal coba anda perhatikan tinta yang anda gunakan, coba anda ganti dengan tinta yang memiliki Brand cukup baik dimata user, misalnya saja Tinta Merk Blueprint, Printech, karena kita kan tahu di luar sana ada banyak sekali merk tinta yang beredar dan belum jelas akan kualitasnya.

Cartridge Berongga Udara
Perlu anda ketahui penyebab lain yang menyebabkan hasil cetak jadi bergaris bisa saja di sebabkan oleh adanya rongga udara yang tertingga pada cartridge, kasus seperti ini biasanya kita temukan pada cartridge dengan system infus, dan biasanya sering terjadi ketika kita telat melakukan pengisian ulang saat tinta di tabung sudah habis.

jadi untuk mengatasi hal semacam ini, sebaiknya anda lakukan pengisian sebelum tinta yang ada pada tabung betul-betul habis. lantas bagaiamana halnya jika masalah tersebut sudah terlanjur terjadi, Solusinya yaitu kita harus melakukan  penyedotan secara manual yakni membuang semua udara yang ada pada cartridge dan mengisinya full dengan tinta sampai tidak ada lagi gelembung yang tersisa.

caranya :

  • Matikan Printer
  • Geser Head dengan menggunakan tangan
  • Lepaskan cartridge dari head printer secara keseluruhan, 
  • kemudian Ambil suntikan bekas, Lalu masukkan ujung atau mulut suntik ke dalam mulut bagian bawah cartridge. lakukan penyedotan , sedot secara keseluruhan udara sampai tidak ada gelembung lagi yang tersisa.
  • Pasang cartirdge pada head printer
  • Lakukan Uji cetak
Head Mampethead mampet atau tersumbat adalah faktor utama yang menyebabkan terjadinya masalah hasil cetak jadi bergaris , biasanya masalah seperti ini di sebabkan karena korosi, Mulut Head kotor, kotor di sebabkan karena Tinta yang mengeras ataupun di sebabkan karena beberapa kotoran lain, sehingga menutupi lobang-lobang nozle saat melakukan pencetakan.

Solusinya adalah yakni kita usahakan agar kotoran tersebut hilang dengan cara :
Untuk Printer Canon Silahkan anda lihat Mengatasi Head Printer Canon Tersumbat 
Untuk Printer Epson Silahkan anda Baca Membershkan Head Printer Epson 

Jangan Lupa Baca  :

dari Beberapa tahapan diatas jika kita lakukan dengan benar maka insyah allah printer bisa kembali normal lagi, silahkan anda coba semoga bisa memberikan manfaat, tulisan ini hanya tulisan sngkat jika ada yang ingin di perjelas slahkan anda tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah. Akhir kata wassalam..


Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Baca juga

Post a Comment