Cara Mengisi Tinta Epson L Series Yang Benar

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

Salam Sobat Epsoner, tentunya jika kita berbicara tentang printer, ada banyak sekali sudut yang bisa kita kupas secara mendalam, baik itu dari segi penggunaannya, TIps-tips yang wajib untuk ketahui, sampai bagaimana mengatasi ketika printer bermasalah.. Nah  seperti yang anda lihat pada judul diatas, kali ini kita coba untuk membahas lebih dalam ya, mengenai bagaimana caranya mengisi tinta Printer yang baik dan benar.. Mungkin terkesan sederhana dan kelihatan sangat mudah,, sebenarnya sih memang seperti itu, tapi mungkin hanyaa sebagian kecil dari anda yang mampu menerapkan tahap-tahap tersebut dengan benar, pasalnya, pernah juga saya temui, seorang klien yang konon katanya, setelah beliau merefill printernya/ Isi ulang, hasil cetaknya jadi putus-putus.  sebenarnya sih terdengar aneh, Karena hasil cetak yang putus-putus itu tidak ada sangkut pautnya dengan pengisian tinta, Kecuali memang jika anda telat melakukan pengisian, lantas printer masih beroperasi, kalau seperti itu kemungkinan besar itu bisa saja terjadi.

selain itu perlu juga anda perhatikan disini,, saya tekankan kepada seluruh pembaca, usahakan saat anda melakukan pengisian, sebaiknya jangan biarkan tabung penampungan sampai kosong sebelum proses pengisian, minimal sisakan tinta setinggi 1 Cm. MEngapa? kan kita bisa isi lagi? Memang benar seperti itu, tapi mungkin anda tidak sadar bahwa, ketika tabung penampungan tinta tersebut kosong, itu bisa memberikan rongga udara pada selang, yang mana jika udara tersebut masuk ke dalam cartrdige, itu bisa menyebabkan turunnya tekanan tinta di dalamnya.. jadinya seperti apa? jawabannya seperti yang di urai di atas tadi, hasil cetak bisa jadi putus-putus.

selain itu, jika hal tersebut terlalu sering terjadi. maka berangsur-angsur sisa tinta yang ada di dalam cartridge, lama kelamaan tinta yang ada di dalam akan berkurang dan habis karena selang selalu terisi dengan pasokan udara, bukan tinta dan begitu seterusnya. mungkin jika sekali ataupun dua kali itu tidak apa, jadi harap perhatikan, jika ingin printer anda jauh lebih awet dan tahan lebih lama. Baiklah saya rasa sampai disini anda sudah cukup paham mengapa proses pengisian juga memiliki pengaruh terhadap Kondisi printer kedepannya.

Dibawah ini saya coba urai lebih lengkap beserta gambarnya, mengenai Cara Isi Ulang Tinta Epson L Series Yang Benar. sebagai contoh saja yang saya gunakan adalah printer Epson L110. jadi saya rasa itu tidak ada masalah, yang terpenting disini adalah bagaimana tahap tersebut bisa anda terapkan dengan benar. Nah bagaimana caranya??


Tentunya sebagai langkah awal Untuk melakukan Proses Pengisian yang paling penting disini adalah, PErsiapkan terlebih dahulu tinta yang ingin anda Pakai. Dibawah ini Saya menggunakan Tinta Epson Black. Jadi gunakan yang Tinta Yang Original, seperti di bawah ini..

Jangan Lupa Baca

Epson L110 Tidak Bisa Menarik Kertas
Cara Membersihkan Waste Ink Pad Epson L110

Mengisi Printer Epson


Selanjutnya Silahkan anda Keluarkan Tinta Dari Box

Mengisi Printer Epson

Mengisi Printer Epson







Nah, Disini yang perlu anda perhatikan adalah, Jangan lupa untuk Memutar Pengait yang ada Di bagian Bawah Depan Tabung.. Perhatikan Gambar di Bawah, Gunanya itu. agar Ketika kita Membalik atau Merubah Posisi tabung, Goncangan tinta yang ada di dalam, tidak mempengaruhi Tinta yang ada di dalam Cartridge. Jadi Putar Locking tadi Sampai mengarah Kebawah.  Jangan sampai lupa..



Setelah itu, Silahkan Baringkan Tabung Penampungan tinta printer anda. Kemudian Silahkan anda isi bagian Mana yang perlu anda isi dengan tinta tadi. Perhatika Petunjuk warna yang ada.  Karena yang saya Praktekkan Disini adalah Menggunakan Tinta Hitam (Black Ink). jadi yang diisi itu yang bagian Paling Kanan (BK)





Kalau sudah, Kembalikan Ke Posisi Penampungan tinta tadi seperti Semula, jangan sampai lupa pula, untuk mengembalikan Posisi Locking yang anda putar tadi seperti sedia kala agar tinta bisa saling berhubungan..

Nah sampai disini. Proses Pengisian telah anda lakukan dengan benar, Selanjutnya Silahkan anda Nyalakan Printer anda.. Nah Disini biasanya Printer Menjadi Blink. Jadi jangan Khawatir. Printer anda Baik-Baik saja, yang perlu anda lakukan adalah Mereset Printer anda Dengan Cara  Manual seperti Pada Gambar Printer di bawah ini.. Mengenai Reset Manual, Kalau Mau lebih lengkap uraiannya anda bisa lihat disini karena terlalu panjang kalau saya bahas lagi..


Setelah tahap Resetting selesai,, Biasanya Printer secara otomatis melakukan Head Cleaning. jadi silahkan anda tunggu saja..


Selesai.. anda telah berhasil menerapkan tahap-tahap Diatas dengan benar, mulai dari Proses Pengisian, sampai Proses Resetting sekarang anda bisa menggunakan Printer anda lagi, dan selamat beraktifitas. Semoga Tulisan sederhana Ini bermanfaat, akhir kata Salam Epsoner...

Jangan Lupa Baca


Image By Google and Youtube.com



Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Baca juga

Post a Comment